Senin, 23 April 2018

Landasan Psikologis Pendidikan, Pentingnya mempelajari ilmu psikologi dalam konteks pendidikan


Mempelajari psikologi dalam konteks pendidikan sangatlah penting karena dengan belajar psikologi kita bisa mengetahui kebutuhan peserta didik, kondisi psikologis peserta didik, tugas-tugas perkembanga peserta didik, teori-teori belajar yang dalam dunia pendidikan hal ini sangat membantu pendidik untuk mengembangkan kepribadian peserta didiknya menuju kedewasaan.

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari segala tindakan manusia hal ini sangat erat kaitannya dengan pendidikan, karena objek dan subjek pendidikan adalah manusia. Landasan psikologis pendidikan adalah kajian tentang dasar-dasar psikologis yang mencakup situasi pergaulan pendidikan, dimensi proses pendidikan, tugas-tugas pokok perkembangan, pemahaman terhadap perkembangan pribadi anak, teori belajar dalam pendidikan, dan jenis jenis upaya pendidikan.

Situasi pergaulan pendidikan adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dalam bentuk pergaulan bisa secara individual maupun kelompok dalam bentuk face to  face telefon, pesan singkat, ataupun  lewat internet, proses pergaulan ini mempunyai maksud yang disengaja untuk mempengaruhi anak didik sehingga anak didik tersebut berkembang menuju kedewasaan.

Dimensi proses pendidikan, proses pendidikan dapat berlangsung dalam berbagai jenis dimensi dan perilaku yang menyangkut aspek kognitif yang sebagian besar dilakukan di sekolah dan afektif, religius, kepribadian, kata hati yang lebih banyak dilaksanakan dalam lingkungan keluarga, serta ketrampilan yang mencakup semua kordinasi gerak dalam tubuh.

Tugas pokok perkembangan, dalam suatu tahap kehidupan seseorang ia memiliki tugas yang harus diselesaikan jika berhasil  ia akan menjalankan tugas tugas berikutnya yang akan membawa kemajuan jika berhasil menjalankannya. Tahap perkembangan menurut Erickson, yang diadopsi oleh Sikun Pribadi membagi tahap perekembangan mulai dari tahap kemampuan mempercayai ketika masih berumur satu tahun hingga tahap tahap kedewasaan.

Pemahaman terhadap perkembangan pribadi anak, tujuan memahami dunia anak adalah agar kita bisa memahami dan mengembangkan potensi anak, mengetahui kemampuan dirinya, serta membimbignya mencapai kedewasaan.

Teori belajar dalam pendidikan, ada 3 teori belajar yang berkembang pada saat ini yaitu Teori Kognitifisme, Teori Humanistik, dan Teori Behaviouristik, ketiga teori ini penting dan saling berkaitan karena akan membantu dalam proses pendidikan.

Jenis jenis upaya pendidikan, setiap proses pendidikan adalah suatu perbuatan yang tidak dilaksankan dalam kepura-puraan, pendidik harus jujur, murni, dan sebagaimana adanya, bukan seseorang yang brtentangan dari perilaku dan sikap-sikap seorang pendidik.

Semoga Bermanfaaat :)
Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar