Mempelajari psikologi dalam konteks pendidikan
sangatlah penting karena dengan belajar psikologi kita bisa mengetahui
kebutuhan peserta didik, kondisi psikologis peserta didik, tugas-tugas
perkembanga peserta didik, teori-teori belajar yang dalam dunia pendidikan hal
ini sangat membantu pendidik untuk mengembangkan kepribadian peserta didiknya
menuju kedewasaan.
Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari segala
tindakan manusia hal ini sangat erat kaitannya dengan pendidikan, karena objek
dan subjek pendidikan adalah manusia. Landasan psikologis pendidikan adalah
kajian tentang dasar-dasar psikologis yang mencakup situasi pergaulan
pendidikan, dimensi proses pendidikan, tugas-tugas pokok perkembangan,
pemahaman terhadap perkembangan pribadi anak, teori belajar dalam pendidikan, dan
jenis jenis upaya pendidikan.
Situasi pergaulan pendidikan adalah proses interaksi
antara peserta didik dengan pendidik dalam bentuk pergaulan bisa secara
individual maupun kelompok dalam bentuk face
to face telefon, pesan singkat,
ataupun lewat internet, proses pergaulan
ini mempunyai maksud yang disengaja untuk mempengaruhi anak didik sehingga anak
didik tersebut berkembang menuju kedewasaan.
Dimensi proses pendidikan, proses pendidikan dapat
berlangsung dalam berbagai jenis dimensi dan perilaku yang menyangkut aspek
kognitif yang sebagian besar dilakukan di sekolah dan afektif, religius,
kepribadian, kata hati yang lebih banyak dilaksanakan dalam lingkungan
keluarga, serta ketrampilan yang mencakup semua kordinasi gerak dalam tubuh.
Tugas pokok perkembangan, dalam suatu tahap
kehidupan seseorang ia memiliki tugas yang harus diselesaikan jika
berhasil ia akan menjalankan tugas tugas
berikutnya yang akan membawa kemajuan jika berhasil menjalankannya. Tahap
perkembangan menurut Erickson, yang diadopsi oleh Sikun Pribadi membagi tahap
perekembangan mulai dari tahap kemampuan mempercayai ketika masih berumur satu
tahun hingga tahap tahap kedewasaan.
Pemahaman
terhadap perkembangan pribadi anak, tujuan memahami dunia anak adalah agar kita
bisa memahami dan mengembangkan potensi anak, mengetahui kemampuan dirinya,
serta membimbignya mencapai kedewasaan.
Teori
belajar dalam pendidikan, ada 3 teori belajar yang berkembang pada saat ini
yaitu Teori Kognitifisme, Teori Humanistik, dan Teori Behaviouristik, ketiga
teori ini penting dan saling berkaitan karena akan membantu dalam proses
pendidikan.
Jenis jenis
upaya pendidikan, setiap proses pendidikan adalah suatu perbuatan yang tidak
dilaksankan dalam kepura-puraan, pendidik harus jujur, murni, dan sebagaimana
adanya, bukan seseorang yang brtentangan dari perilaku dan sikap-sikap seorang
pendidik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar